facewoman

Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut




Cara menghilangkan ketombe - sebenarnya adalah kulit mati yang terkelupas di kulit kepala. Ketombe diketahui berupa serpihan-serpihan/sisik berwarna putih yang melekat di rambut, bahu, maupun di baju anda. Banyak orang mengira kalau ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering, terlalu banyak mengunakan shampoo atau kebersihan yang kurang. 

Proses pergantian sel-sel pada kulit kepala terjadi secara perlahan-lahan dan tidak terlihat oleh mata. Proses pergantian tersebut terjadi setiap bulan. Jika proses ini menjadi lebih cepat, maka akan timbul gangguan pada kulit kepala yang kita sebut ketombe.

Ketombe seperti yang kita lihat, seringkali dialami oleh banyak orang. Gangguan yang lebih parah yaitu dermatitis seboroik, berupa serpihan berwarna kuning berminyak yang melekat pada kulit kepala.

Penyebab ketombe :
Salah satu penyebab ketombe adalah jamur Pityrosporum ovale ( P. Ovale ). yang merupakan jamur yang secara alami terdapat pada kulit kepala dan bagian kulit yang lain.

Dalam jumlah yang sedikit, jamur ini tidak menyebabkan kerugian yang berarti. Namun, dengan adanya perubahan cuaca, hormon, dan stress, kulit kepala kita akan menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga menyebabkan jamur P. Ovale berkembang biak. Dengan berkembangbiaknya jamur tersebut, akan menyebabkan gatal pada kulit kepala dan mempercepat kerontokan sel kulit yang lama sehingga muncullah ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe :


1. Soda Kue
Bahasai rambut anda (sedikit saja), ambil segenggam soda kue kemudian gosokkan ke kulit kepala anda secara merata, lalu bilas sampai bersih. lakukan hal ini secara rutin, dan perlu anda ketahui mungkin gejala awal yang timbul dari cara ini adalah rambut anda akan terasa kering, tapi setelah seminggu pemakaian rambut anda akan menjadi lembut kembali, dan tentunya ketombe anda akan hilang.

2. Jeruk nipis
Siramkan 2 sdm air jeruk nipis di kepala Anda. Remas-remaslah rambut dan kulit kepala Anda. Ambil segelas air dan tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya, lalu siramkanlah ke rambut Anda. Bilaslah dengan air setelah beberapa menit. Ulangi beberapa kali sampai ketombe Anda benar-benar hilang.

3. Lidah Buaya.
Kupas daun lidah buaya sampai sisa bagian dalamnya yaitu bagian dagingnya yg berwarna transparan. kemudian oleskan pada kulit kepala anda secara merata. diamkan selama 10 menit setelah itu bilas sampai bersih, kalau perlu memakai shampo.

4. Cuka
Campurkan secangkir cuka dengan secangkir air, dan tuangkan di kulit kepala Anda setelah berkeramas, sebagai bilasan akhir. Biarkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih.

5. Campuran Minyak Zaitun dan Minyak Almond
Campurkan 2 Sdm minyak zaitun dengan 1 sdm minyak almond, kemudian oleskan pada kulit kepala anda secara merata. diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas hingga minyak dirambut anda bersih, lakukan secara teratur minimal 2x seminggu.

Berikut diatas adalah tips bagaimana cara mengatasi ketombe . banyak berbagai macam cara tentunya, namun pastinya cara diatas patut untuk anda coba.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar