facewoman

Pengertian Google Sandbox dan Cara Mengatasinya

google sandbox


Google sandbox merupakan momok bagi setiap blogger. bagaimana tidak, kalau sudah blog kita menjadi sasarannya atau terkena sandbox maka efeknya adalah hampir semua artikel kita yang berada pada serp google menghilang entah kemana. salah satu contoh artikel saya yang hilang pada peredaran adalah artikel yang berjudul " daftar mobil bekas bagus harga dibawah 50 juta terbaru ". artikel tersebut biasa nangkring dihalaman satu hasil pencarian google. namun sekarang tiba tiba hilang entah kemana, bahkan yang muncul dihalaman pertama google adalah blog yang mengkopi paste artikel saya dengan judul yang sama persis pula. hal ini tentu berakibat pada penurunan traffik yang signifikan. bahkan dalam kasus yang saya alami traffik anjlok hingga mencapai 80-90%.

Hal semacam ini tentu mengurangi rasa semangat blogging kita. ini yang bahaya dan dapat merusak perkembangan blog kedepannya. saya sendiri termasuk blogger yang sangat berhati hati dalam sistem optimasi dan pencarian backlink. namun bagaimanapun juga google lebih faham dan lebih mengerti mana yang benar dan mana yang salah. namun terkadang pilihan google menjatuhkan hukuman pada sebuah blog dirasa salah dan tidak adil. tapi mau bagaimana lagi, beginilah SEO, penuh dengan misteri.

Berdasarkan pengalaman, saya sudah 3 kali terkena amukan google sandbox, namun pada kasus pertama dan kedua semuanya berjalan lancar, hal ini dikarenakan tidak sampai satu minggu blog saya sudah terbebas dari google sandbox. namun pada kasus yang terakhir atau ketiga kalinya, susah bagi saya untuk melepaskan diri dari jeratan penjara pasir google. berdasarkan pengalaman dan menjelajah dunia maya kesana kemari. ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar blog kita terbebas dari sndbox google. nah berikut triknya untuk anda. . .

1. Hentikan untuk sementara waktu proses optimasi off page dan on page seperti submit artikel ke sosial bookmark dan lain sebagainya. dalam masa ini google memantau artikel anda yang terkena sandbox diakibatkan optimasi yang berlebihan. maka dari itu hentikan optimasi dulu untuk sementara waktu.

2. Buat artikel mengenai google sandbox dan berikan link menuju artikel yang terkena google sandbox tersebut. contohnya seperti yang saya lakukan sekarang ini. juga berikan link keluar menuju "google.co.id" dan "google.com"

3. Ini yang paling penting menurut pengalaman saya, edit artikel anda yang terkena sandbox. bagaimana mengetahui artikel yang kena sandbox. caranya adalah anda tinggal mengecek artikel anda yang biasanya nangkring di urutan serp yang bagus, namun tiba tiba menghilang entah kemana, nah itu berarti artikel anda terkena sandbox. edit artikel tersebut seperti menambahkan atau mengurangi beberapa kalimat. bisa juga dengan menghapus link jika dirasa terlalu banyak dan menambah link jika dirasa terlalu sedikit. intinya rubah beberapa artikel anda. tidak perlu semuanya. ini dimaksudkan agar google tahu bahwa artikel anda sudah diperbaiki dan layak untuk bebas dari sandbox.

Nah, hanya itu sedikit yang bisa saya bagikan, namun beberapa hal diatas saya rasa merupakan poin utama dan penting untuk bisa lepas dari sandbox. kunci uatama selain cara diatas yaitu tetap semangat dan sabar. bukan hanya anda saja yang pernah merasakan. bahkan kelas blogger profesional pun saya rasa pernah merasakannya. tinggal bagaimana usaha anda dalam mengembalikannya saja. so, tetap semangat !!!
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar